SekolahNgawi.ID

header ads

Harum Bermain Loose Parts



NGAWI -- Sabtu, 11 Januari 2020 , para ustadzah PAUD IT Harapan Ummat Ngawi sibuk menyiapkan display media pembelajaran Loose Parts. Dalam kesempatan ini display yang ditata dengan cantik dan menarik akan dievaluasi dan diberi masukkan oleh tim kurikulum. Sebagai salah satu karakter yang dibangun di lingkungan harum adalah terus berinovasi dan meningkatkan kompetensi dalam pendidikan anak usia dini, maka media Loose Parts ini akan mulai diterapkan di semester 2 ini

Media Loose Parts merupakan bahan-bahan yang terbuka, dapat terpisah, dapat disatukan kembali, dibawa, digabungkan, digunakan sendiri maupun digabung dengan bahan lain. Media ini terdiri dari 7 komponen yaitu bahan alam, plastik, logam, kayu, benang dan kain, kaca dan keramik, dan bekas kemasan. Ciri dari pembelajaran yang menggunakan media Loose Parts antara lain adanya invitasi berupa penataan media yang menarik dan kalimat invitasi yang terbuka untuk mengundang anak untuk menggunakannya. Tak kalah penting juga adanya kalimat provokasi yang dilakukan guru selama pembelajaran untuk memprovokasi anak agar dapat menemukan makna dalam permainannya.

Harapannya dengan menggunakan media Loose Parts Ini anak akan lebih kreatif dan imaginatif, meningkatkan ketrampilan inquiry dan bertanya anak juga dapat menstimulasi aspek perkembangan lainnya. Dengan media ini anak akan merdeka belajar karena anak bebas bermain sesuai idenya, lebih terbuka dan tidak tergantung dengan guru. (ar)

Posting Komentar

0 Komentar