SekolahNgawi.ID

header ads

Fauzil Adzim Bekali Ilmu Parenting Kepada Wali Santri HARUM



Ngawi - Seminar parenting yang bertajuk "Positive Parenting" Cara-cara islami menanamkan karakter positif pada anak diselenggarakan PAUD IT Harapan Ummat Ngawi, Ahad ( 14/07/2019 ).

Seminar ini diadakan di awal tahun ajaran untuk membekali para wali santri dalam pengasuhan anak sehingga harapannya tercipta sinergi yang baik antara pihak sekolah dengan orang tua di rumah.

Selain sekitar 200an wali santri, acara yang diselenggarakan di Gedung Pertemuan Hotel Sukowati ini juga dihadiri pengurus Yayasan Harum, Penilik PAUDNI Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi juga undangan umum.

Fauzil Adzim, narasumber kegiatan parenting yang didatangkan dari Jogjakarta menyampaikan bahwa dasar ketika kita mempelajari ilmu parenting adalah ketakutan kita meninggalkan generasi yang lemah seperti dikutip dari Al Qur'an Surat An Nisa' ayat 9

وَلۡيَخۡشَ ٱلَّذِينَ لَوۡ تَرَكُواْ مِنۡ خَلۡفِهِمۡ ذُرِّيَّةٗ ضِعَٰفًا خَافُواْ عَلَيۡهِمۡ فَلۡيَتَّقُواْ ٱللَّهَ وَلۡيَقُولُواْ قَوۡلٗا سَدِيدًا

Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.

Generasi yang lemah dalam hal ini dimaksud lemah secara finansial, fisik dan iman. Dipenghujung ayat juga disampaikan bahwa dalam mendidik anak hendaknya senantiasa mengatakan "Qoulan Sadida" yaitu perkataan yang benar. Jangan sampai hanya karena ingin menenangkan sang anak, orang tua mengatakan hal-hal yang tidak benar.

Orang tua hendaknya menghindari trik-trik parenting yang tidak dasarnya. Beberapa tips parenting yang disampaikan antara lain Rules and Procedure. Pada pendidikan anak usia dini diajarkan bagaimana peraturan dan disiplin. Kedua do and don't, ketiga no cheating. Karena pada umur 7 tahun anak sudah mendapatkan perintah untuk sholat, maka seyogjanya anak di jenjang TK sudah diajari tata cara untuk sholat dengan cara yang menyenangkan.

Acara seminar ditutup dengan tanya jawab dan pembagian door price. Semoga dengan kegiatan ini , wali santri merasa tidak akan cukup dan senantiasa menambah ilmu-ilmu parenting demi kesuksesan putra putrinya di dunia dan di akhirat ( Ar )

Posting Komentar

0 Komentar